PALEMBANG,HS – Pengajuan bantuan perbaikan rehab gedung ataupun penambahan lokal kelas tingkat SD dan SMP akan direalisasikan sudah mencapai kurang lebih 42, namun jika ada sekolah yang sangat darurat Disdik Kota Palembang akan memprioritaskan pembangunannya.

 

Oleh sebab itu Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang meminta kepada para Kepala SD dan SMP Negeri kota Palembang, untuk menyiapkan berkas setiap akhir tahun apabila sekolahnya sedang membutuhkan bantuan perbaikan rehab gedung ataupun penambahan lokal kelas.

 
Kepala subbag perencanaan dan pelaporan Disdik kota Palembang Drs. H. Nasikhun mengatakan, selama ini banyak sekali pengajuan yang didapatnya, namun pihaknya terus menghimbau untuk tidak berhenti terus melakukan pengajuan dalam pembangunan di sekolahnya.

 

“Kita ketahui banyak sekali sekolah yang membutuhkan perbaikkan, apalagi saat ini anggaran untuk perbaikan sendiri tidak cukup memenuhi untuk seluruh sekolah, makanya kita minta sekolah sebelum memasuki awal tahun baru, mereka harus mengajukan kembali,” katanya.

 
Untuk tahun 2017 ini saja yang akan terealisasi sebanyak 42 dari SD dan SMP, diantaranya ada yang rusak, ada yang perbaikan sedang dan penambahan lokal kelas.

 

“Jadi sebelum anggaran pembangunan keluar, kita minta setiap sekolah sudah memberikan pengajuan sekolah,” jelasnya.

 
Sesuai arahan Kadisdik kota Palembang, pihaknya harus memilih sekolah yang harus diprioritaskan jangan sampai sekolah tersebut tidak di pantau. “Kalau ditanya sekolah yang mana dapat prioritas, pastinya yang paling banyak di jumpai di SD Negeri Kecamatan Kertapati, dan juga sekolah yang masih di rawa-rawa,” ungkapnya.

 
Sementara itu, Kepala SDN 197 Palembang Erma Noni mengatakan memang dirinya masih baru menempati di SDN 197 Palembang, namun saat melihat ruangan belajar disini ada 5 lokal dengan jumlah siswa 167, ia merasa sedih.

 

“Sebab kawasan yang padat pemukiman, namun sekolahnya belum ada perubahan dan peningkatan, sedangkan kalau kita lihat sekarang beberapa SD yang berada di kota fasilitas dan sarana nya sudah menunjang,” katanya.

 

Lanjutannya, memang ada kekhawatiran yang saat ini yang ditakutinya. Pertama lantai kelas yang sudah tak layak lagi dipijak, lalu ruang kelas yang sudah banyak bolong, tentu para siswa sangat membutuhkan sarana dan lokal yang layak.

 

“Kita harap sesuai janji pihak Disdik kota Palembang tahun 2018 nanti, SDN 197 direncanakan dapat ruangan dan halaman semoga realisasi tersebut bisa dilakukan sehingga para siswa dapat belajar dengan nyaman,” pungkasnya.(HSN)
.

.