PALEMBANG,HS – Badan Pegawai Daerah (BKD) Sumsel sudah mengajukan tim pansel kepada pemerintah pusat untuk melakukan seleksi Sekda Sumsel.

Saat ini Plt Sekda diamanatkan kepada Joko Imam Sentosa. Ia menjabat sejak Desember 2016 yang mengantikan posisi Mukti Sulaiman yang sudah pensiun pada Desember 2016.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumsel, Muzakir menyampaikan, saat ini pihaknya sudah mengajukan tim pansel kepada pemerintah pusat dan sedang diproses.

Setelah pembentukan pansel ini disetujui pemerintah pusat maka pihaknya akan segera membentuk tim.

“Ya, Sudah pertengahan bulan lalu pengajuan nama ini. Kalau ini sudah disetujui akan segera terbentuk tim pansel,” ujarnya saat ditemui dipemprov sumsel Kamis (16/3).

Dia menambahkan, Setelah izin turun maka tim pansel akan segera melakukan rapat koordinasi untuk membahas persiapan yang harus dilakukan. Setelah itu, baru dibuka pendaftaran atau lelang terbuka.

“Ya, estimasinya pada April sudah dibuka,” katanya.

Dia juga menjelaskan, tim pansel terdiri atas lima orang tim penguji. Mereka terdiri atas dua orang akademisi yang berasal dari perguruan tinggi, satu orang profesiaonal dibidang pemerintahan dan dari pemerintah pusat dan pembentukan tim pansel ini terbilang lama,

“Mungkin persetujuan ini menunggu sekitar dua minggu lagi karena memang banyak yang harus diurus oleh kementrian bukan hanya Sumsel tentunya,” tegasnya

Lanjutnya, Pembentukan tim panael ink lantaran menunggu izin dari pusat. Ini karena memang Kementerian Dalam Negeri mengurus pembentukan pansel seluruh Indonesia Jadi harus bertahap.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki menambahkan, seleksi sekda akan dilakukan waktu dekat. Saat ini, BKD sedang mengurus ke pemerintah pusat sebab pembentukan pansel dari pusat dan juga SK nya langsung dari Kemendagri.

“Ya, waktu dekat ini akan terbentuk panselnya. Dengan begitu, seleksi sekda  dapat segera dilakukan,” jelasnya (MDN)