SILVERSTONE, HS – Seri ke 12 MotoGP yang digelar di Silverstone, Inggris, Minggu (4/9) malam menyajikan balapan yang sangat seru. Pembalab Suzuki Maverick Vinales sukses merebut podium juara.

Sementara itu, pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang sempat terlibat aksi salip dengan Marc Marquez harus puas di posisi ketiga. Ia tertinggal dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang mengamankan podium kedua.

Balapan itu sendiri sempat dihiasi sebuah insiden di awal. Pol Espargaro, pembalap Monster Yamaha Tech 3, dan Loris Baz, pembalap Avintia, terlibat kecelakaan parah. Kecelakaan itu sampai membuat pengawas perlombaan mengibarkan red flag tanda para pembalap harus kembali masuk garasi.

Setelah dipastikan dalam kondisi yang baik-baik saja, balapan pun kembali dimulai. Vinales yang memulai balapan dari urutan ketiga langsung menyodok ke posisi terdepan. Sejak itu, tak ada pembalap yang mampu menyalipnya hingga garis finis.

Pertarungan sengit justru terjadi pada perebutan podium kedua dan ketiga. Para pembalap yang terlibat dalam duel itu adalah Marc Marquez (Repsol Honda), Cal Crutchlow (LCR Honda), Andrea Iannone (Ducati), dan Rossi.

Iannone sempat membuat kejutan ketika satu per satu menyalip para pembalap untuk merebut posisi kedua. Sayang, ia harus menyudahi balapan ketika terjatuh di lap ke-14. Setelah Iannone keluar, pertarungan sengit tetap terjadi antara Marquez, Crutchlow, dan Rossi.

Salah satu duel sengit terjadi antara Rossi dan Marquez pada lap ke-15. Bahkan, intensitas pertarungan dengan Rossi sampai membuat Marquez keluar lintasan. Namun, ia segera cepat masuk ke jalur dan kembali bertarung dengan Rossi di tikungan ke-12, 13, dan 14.

Lucunya, The Baby Alien kembali melakukan kesalahan yang sama ketika berduel dengan Crutchlow dalam perebutan posisi kedua. Pada akhirnya, ia kembali keluar lintasan dan harus terlempar ke posisi kelima di belakang Rossi.

Marquez pun harus puas finis di urutan keempat dan diikuti rekan setimnya, Dani Pedrosa. Sedangkan rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, tercecer ke posisi kedelapan. (AND)