2 minggu ago
52

Kapal Jukung Terbakar, Sungai Musi Seperti Lautan Api

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM– Warga Palembang dikejutkan suara dentuman keras di Sungai Musi. Suara dentuman keras yang terjadi tengah malam ini ternyata berasal dari ledakan sebuah kapal jukung bermuatan bahan bakar minyak, yang sedang mengisi stasiun pengisian Bahan Bakar di Sungai Musi di Sekitan Benteng Kuto Besak (BKB), Senin (1/4/24)

Camat SU 1 Palembang, Mukhtiar Hijrun, S.STP., membenarkan bahwa insiden tragis tersebut terjadi di perairan Sungai Musi, menambah catatan kelam di sungai yang telah sering menjadi saksi insiden-insiden tragis.

Menurut keterangan Hijrun, kapal yang meledak tersebut adalah tongkang Bintang Kejora yang sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak di sebuah kios milik Toni, di kelurahan 4 Ulu. Kejadian ini menyebabkan kepanikan di antara warga sekitar, yang mana salah satu dari mereka terjun ke Sungai Musi akibat terdesak oleh panasnya api yang menjalar.

Saksi mata kejadian, Susilawati (47), warga sekitar, menuturkan, “Saya mendengar suara ledakan sekitar pukul 21.20 WIB malam tadi. Ketika saya keluar rumah, saya lihat langsung kapal tongkang sedang terbakar di Sungai Musi.” Cerita serupa juga disampaikan oleh Madi (37), yang menyebutkan bahwa kapal tongkang tersebut sempat bersandar di kawasan itu untuk mengisi bahan bakar minyak di kios apung.

Hingga kini, belum ada informasi resmi mengenai jumlah korban akibat insiden ini. Identitas korban yang terjun ke sungai juga masih belum dapat dipastikan. Tim evakuasi berjuang keras untuk mengatasi kobaran api yang terus membesar, sementara pihak berwenang tengah berusaha keras untuk menangani situasi dengan cepat dan tepat.

Kecemasan juga meningkat di kalangan warga sekitar mengingat lokasi kebakaran kapal tongkang ini dekat dengan kios BBM apung yang sebelumnya juga mengalami kebakaran serupa. Insiden ini mengundang kekhawatiran akan keselamatan pengisian bahan bakar di kios-kios apung dan transportasi di Sungai Musi.

Sejauh ini, belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa atau kerugian materi yang diakibatkan oleh peristiwa ini. Pihak berwenang dan tim evakuasi terus berupaya untuk memadamkan api dan melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab pasti ledakan tersebut.

Warga sekitar Sungai Musi diminta untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terbaru dari pihak berwenang. Peristiwa ini menjadi pengingat pentingnya keamanan dan pengawasan ketat terhadap aktivitas di sungai yang menjadi jalur penting bagi transportasi barang dan orang di wilayah tersebut.(Manda)