• Berita
  • Anton Nurdin : Jadilah Wasit Profesional, Kharismatik dan Tidak Memihak

Anton Nurdin : Jadilah Wasit Profesional, Kharismatik dan Tidak Memihak

1 bulan ago
137

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM — Ketua Koni Kota Palembang bersama jajaran pengurus membuka kegiatan Penataran Pelatih dan Wasit juri lisensi kota Palembang Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Palembang dari tanggal 19 – 21 April 2024 di Pedepokan  IPSI Kota Palembang Jalan Urip Sumaharjo Kalidoni Palembang.

Yayan Pradista ketua pelaksana Penataran dan Wasit Juri mengatakan kegiatan ini
diikuti sebanyak  30 peserta terbagi
23 laki-laki, 7 wanita. Untuk materi ada beberapa materi yang akan dipelajari nanti,

“Materi untuk besok Sabtu 20 April 2024 materinya senibudaya dan minggu tentang  peraturan IPSI 2024,” kata Yayan.


Ia menambahkan untuk para peserta  bisa mengikuti  materi dengan sungguh-sungguh agar nantinya apa yang dipelajari itu dapat diterapkan dilapangan.

Ketua IPSI Kota Palembang Azhari yang diwakili Sekretaris IPSI  Sehat Saputra berharap dengan diadakan kegiatan Penataran Pelatih dan Wasit Juri dapat menambah perwasitan di Kota Palembang.

“Saat ini IPSI Kota Palembang memang masih  kekurangan  wasit, wasit Kota Palembang sudah banyak naik jenjang ke provinsi maupun nasional, jadi dengan digelarnya kegiatan ini dapat menutupi kekurangan wasit tersebut,” ujar Putra. Jumat ( 19/4/2024).

Sementara Ketua Koni Kota Palembang Anton Nurdin menambahkam dengan adanya penataran Pelatih dan Wasit Lisensi  akan muncup wasit yang profesional yang mengedepankan penguasaan tehnik dalam penilaian pada saat memimpin pertandingan.

” kuncinya satu, para wasit tersebut jangan membawa ‘baju’ saat memimpin pertandingan artinya jangan karena kita dari perguruan ini,perguruan itu para wasit memihak pada atlet dari perguruannya, jadilah wasit profesional yang penuh karismatik dalam memimpin pertandingan,” ungkap Antor Nurdin

“Dan juga jangan puas juga jadi wasit Kota Palembang terus belajar, belajar dan belajar, kalau bisa dapat meningkat menjadi wasit provinsi maupun nasional,” Pungkasnya