BI Susuri Sungai, Layani Penukaran Uang Untuk Masyarakat 3 T, Pemkot Palembang Apreasias

2 minggu ago
50

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM — Pemerintah Kota Palembang mengapresiasi dan mendukung penuh program Bank Indonesia (BI) ‘Kegiatan Susur Sungai’ melalui Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024.

Acara itu dipusatkan di River Side, Benteng Kuto Besak Palembang, Selasa (26/3/2024).

Program Susur Sungai merupakan program pelayanan dalam penukaran uang baru di daerah tertinggal, terpencil dan terluar (3T).

Selain itu, penukaran uang tersebut juga merupakan suatu komitmen BI dalam memenuhi uang layak edar (ULE) jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut Ratu Dewa, terdapat catatan penting dalam program tersebut, yakni melahirkan suatu budaya, seperti budaya Kota Palembang ataupun budaya Sumatera Selatan.

“Di samping mengatur peredaran uang yang cukup bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat Palembang di perairan Sungai Musi, terdapat juga suatu nilai wisata yang terkandung,” ujarnya.

Dewa melanjutkan, komitmen yang kuat dari BI serta perbankan lain terus mendorong Pemerintah kota Palembang untuk memberikan suatu inovasi agar warga Palembang dapat mengatur peredaran-peredaran uang, sehingga dapat bermanfaat dari setiap sektor yang paling kecil.

“Saya kira kerja sama ini harus terus ditingkatkan bagi warga Kota Palembang, khususnya di daerah pinggiran. Bahkan ini juga mampu menjadikan suatu destinasi yang bermanfaat untuk masyarakat Palembang seperti di kawasan Pulau Kemaro,” ujar Dewa.

Ia menambahkan, Pemkot Palembang akan mendukung apa pun program yang bertujuan memberikan manfaat atau menyejahterakan masyarakat.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan, Ricky Perdana Gozali, menjelaskan, layanan penukaran bertujuan memenuhi kebutuhan uang pecahan untuk menyambut Idul Fitri, khususnya di kawasan perairan.

“Selain melakukan penukaran uang, BI juga akan memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai keaslian uang rupiah dan cara merawatnya,” ujar Ricky