• Berita
  • Gelar Open House, Sultan Palembang Ingatkan Arti Penting Silaturahmi

Gelar Open House, Sultan Palembang Ingatkan Arti Penting Silaturahmi

1 bulan ago
122

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn menggelar open house dan halal bi halal di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Kamis (11/4).


Hadir diantaranya R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Kemas Ari Panji , Putri Ayu Suryo Anna Maria, Ketua Kopzip Ridlwan Setiawan, Kerabat Kesultanan Palembang Darussalam, Cek Jon, Mirza Indah Dewi , youtuber Palembang Mang Dayat dan Ismail Gondrong.


Berbagai makanan khas Palembang diantaranya pempek, kue-kue khas Palembang, lontong yang dipadu rendang dan opor ayam serta telur bulat lalu berbagai macam jenis minuman.


Nampak berbagai kalangan seperti dari perkumpulan orang-orang Palembang, Kerabat Kesultanan Palembang Darussalam, Global Ikhwan dan masyarakat umum silih berganti bersilaturahmi dengan SMB IV yang dimulai pukul .09.00.


Menurut SMB IV , open house ini dilaksanakan selama empat hari.
Malahan dari kemarin, Rabu (10/4) SMB IV mengaku telah membuka open house di Istana Adat ini.


“ Tadi hadir dari Zuriat Bangsawan Palembang Darusssalam ( ZBPD) datang juga , dari Kerabat Kesultanan Palembang Darussalam datang juga , ada juga dari Global Ikhwan datang juga kesini , untuk merayakan dan bersilaturahmi di hari raya Idul Fitri ini,” katanya.


SMB IV juga menambahkan pihak ZBPD tadi meminta dirinya juga supaya dirinya menjadi bagian dari mereka yaitu penjadi penasehatnya dimana mereka memerlukan sekali support dari Kesultanan Palembang Darussalam untuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kedepannya, karena banyak sekali yang bisa di sinergikan ZBPD dengan Kesultanan Palembang Darussalam.


“ Harapannya mudah-mudahan perkumpulan orang-orang Palembang bisa kompak dan bisa memajukan kota Palembang,” katanya.


Apalagi menurutnya open house dan halal bi halal ini merupakan tradis tahunan dari Kesultanan Palembang Darussalam.


“ Bahwa kita bersilaturahmi dengan orang-orang yang ada sekitar kita ,” katanya.


Ketua Zuriat Bangsawan Palembang Darusssalam ( ZBPD) Sumsel RM Sulaiman SE Mpd usia bersilaturahmi dengan SMB IV mengaku selain berhalal bi halal juga meminta arahan kepada SMB IV.


“ Dan mungkin ada rencana berkerjasama juga dengan Kesultanan, di struktur ZBPD Sumsel Sultan masuk sebagai pelindung nanti ada kegiatan-kegiatan mungkin minta bantuan apapun dari Kesultanan nanti kalau turun ke masyarakat kita minta bantu dari berbagai segi mungkin yang bisa Sultan bantu,” katanya.


Hingga saat ini menurutnya anggota ZBPD Sumsel berjumlah 700 orang yang semuanya berada di kota Palembang.


“ Di kabupaten kota nanti kita ada korwil-korwilnya,” katanya.