Hitmi Sumsel dan Pemuda Tani HKTI Ogan Ilir Bentuk Posko Mandiri Pangan

6 bulan ago
544

OGAN ILIR,HALUANSUMATERA.COM-Dukungan yang diberikan Himpunan Tani Milenial Sumsel (HITMI SUMSEL) untuk program Gubernur sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru dalam mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan berbentuk pembuatan program Posko Mandiri Pangan di kabupaten Ogan Ilir sebagai pilot project tepatnya di Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan.

Ketua Umum HITMI Sumsel, Gusti mengatakan bahwa melalui posko ini bergerak mendukung program Sumsel Mandiri Pangan (SMP) yang bertujuan agar Penghasilan masyarakat akan meningkat, pengeluaran semakin rendah dan akhirnya masyarakat semakin sejahterah sesuai dengan yang telah dicanangkan Gubernur Sumsel dengan memberikan sosialisasi, pendampingan serta memberikan bantuan berupa bibit, saprodi dan menggerakan masyarakat dengan menanam berbagai kebutuhan dasar secara mandiri di pekarangan rumah masing-masing.

“HITMI Sumsel pada awalnya akan memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat Desa Ibul Besar Kec. Pemulutan Kabupaten. Ogan Ilir, “kata Gusti, Jum’at (07/1).

Gusti juga menyebutkan bahwa Program Posko Mandiri Pangan tersebut bekerjasama dengan Leanpuri Center and Foundation, Yakesma Sumsel, dan Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ogan Ilir.

Sementara itu, Ketua Pemuda Tani HKTI Ogan Ilir, Rahmad Hidayat mengungkapkan senada dengan Ketua Umum HITMI Sumsel Gusti bahwasanya untuk giat hari ini sendiri merupakan tahapan awal yang di laksanakan.

“Porgam ini sendiri sederhana, akan tetapi ini wujud kepedulian kami kepada masyarakat di tengah pemulihan ekonomi di massa Covid 19, pada tahapan awal ini ada 50 paket beras bagi masayarakat sekitar” ungkapnya.

Pada tahapan kedua nanti tepatnya yang akan dilaksanakan di bulan Februari yakni pembagian bibit, saprodi dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah untuk bercocok tanam kebutuhan dasar rumah tangga.

Kepala Desa (Kades) Desa Ibul Besar, Muhammad sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan pada hari ini dan sangat berterimakasih kepada HITMI Sumsel melalui program ini karena sangat bermanfaat nantinya bagi masyarakat.

“Saya selaku Kepala Desa Ibul Besar mewakili perangkat desa lain dan masyarakat mengucapkan terimakasi banyak dan sangat menyambut baik program ini, ” tutupnya. (Manda)