• Berita
  • Palembang
  • Regional
  • Koalisi Aksi Demokrasi Berkeadilan untuk Rakyat (KADBUR) Menyuarakan Tuntutan terhadap Pemilu 2024 di Kota Palembang

Koalisi Aksi Demokrasi Berkeadilan untuk Rakyat (KADBUR) Menyuarakan Tuntutan terhadap Pemilu 2024 di Kota Palembang

1 bulan ago
148

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM –Koalisi Aksi Demokrasi Berkeadilan untuk Rakyat (KANBUR) , terdiri dari Organisasi Perkumpulan Sumsel Budget Center dan Front Rakyat Pemantau Pemilu Sumsel, Rabu 1/3/24 melakukan aksi di kantor KPU dan Bawaslu Kota Palembang, aksi dilakukan terkait pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Palembang.

Dalam aksi ini koalisi Aksi Demokrasi memberikan dukungan penuh kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang atas pelaksanaan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

koalisi Aksi Demokrasi Keadilan Untuk Rakyat menyoroti pentingnya integritas dan transparansi dalam proses demokrasi.  Mereka menegaskan bahwa PSL di Kota Palembang adalah langkah kritis untuk menjaga kualitas demokrasi.
Dalam orasinya koordinator aksi A. H. Alamsyah mengatakan “Tuntutan mereka mencakup pemintaan kepada Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Palembang untuk menegakkan aturan demi memastikan tahapan penghitungan suara yang bebas dari intervensi politik.” Ucap A. H. Alamsyah.

“Berdasarkan informasi terkini hingga 21 Februari 2024, KPU telah menetapkan 542 jadwal Pemungutan Suara Ulang (PSU), 65 jadwal Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), dan 175 jadwal Pemungutan Suara Susulan (PSS). Tindakan ini mengikuti rekomendasi dari BAWASLU sebanyak 1.496 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara ulang, lanjutan, dan susulan”.

Menyikapi hal ini koalisi Aksi Demokrasi Keadilan Untuk Rakyat menegaskan bahwa mereka akan terus mengawasi perkembangan situasi. Koordinator aksi, A. H. Alamsyah, “menyatakan bahwa pelaksanaan PSL di Kota Palembang adalah bagian integral dari menjaga integritas dan kualitas demokrasi.” Jelas A. H. Alamsyah.

Kandar koordinator Lapangan koalisi Aksi Demokrasi Keadilan Untuk Rakyat dalam orasinya mengatakan “Aksi hari ini adalah bentuk perjuangan dan perhatian koalisi Aksi Demokrasi Keadilan Untuk Rakyat dalam memastikan bahwa setiap tahapan Pemilu 2024 berlangsung dengan keadilan, transparansi, dan tanpa intervensi politik. Selanjutnya, mereka akan terus memonitor situasi untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi.”Tutup Kandar