• Berita
  • Pali
  • Regional
  • Pemkab PALI Gelar Do’a Bersama Dan Gelar Ruahan Dalam Rangka Meresmikan Gedung Pendopoan PALI

Pemkab PALI Gelar Do’a Bersama Dan Gelar Ruahan Dalam Rangka Meresmikan Gedung Pendopoan PALI

3 bulan ago
27

PALI, HALUANSUMATERA.COM — Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di bawah kepemimpinan Bupati Dr Ir H Heri Amalindo MM terus bersolek, salah satu yang telah selesai dibangun adalah Gedung Pendopoan yang letaknya persis bersebelahan dengan Guest House didalam lingkungan Komplek Pertamina Pendopo.

Gedung Pendopoan PALI pun tadi malam, 29 Februari 2024 diresmikan oleh Pemda PALI yang dipimpin Bupati Heri Amalindo melalui Wabup Drs H.Soemarjono.

Pada peresmian gedung Pendopoan PALI, Pemda menggelar ritual turun temurun yang biasa dilakukan warga PALI jelang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Ritual tersebut adalah Ruwahan. Di mana Ruwahan merupakan tradisi rakyat dengan mengundang kerabat dan tetangga untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dan membaca surat Yasin juga do’a yang dihadiahkan kepada arwah leluhur.

Pada ritual Ruwahan sekaligus peresmian gedung Pendopoan PALI, Pemda mengundang Kapolres, Dandim, Kajari serta sejumlah OPD dan Forkopimda dilingkungan Pemkab PALI.

Tentu dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan secara berjama’ah, ruangan pada Gedung Pendopoan PALI bergema.

Dikatakan Wabup bahwa pembangunan Gedung Pendopoan tersebut diperuntukkan berbagai kegiatan.

Seperti untuk pentas seni, pertemuan maupun acara-acara resmi lainnya.

“Gedung ini untuk kepentingan umum, jadi apabila ada kegiatan pentas seni maupun pertemuan tidak lagi harus menyewa gedung lain yang perlu mengeluarkan biaya tak sedikit,” ujar wabup.

Dengan resmikannya Gedung tersebut wabup berharap bisa bermanfaat dan menunjang pembangunan di Kabupaten PALI. Pungkasnya.