• Berita
  • Sumsel
  • Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Prestasi Kabupaten Lahat Guna Terus Sinergi Bersama Pemprov Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Prestasi Kabupaten Lahat Guna Terus Sinergi Bersama Pemprov Sumsel

1 bulan ago
66

LAHAT, HALUANSUMATERA.COM — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel Tyas Fatoni menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lahat X Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2024 dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-155 Tahun. Kegiatan ini berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Senin (20/5/2024).

Melalui kesempatan ini, Fatoni mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah meraih berbagai capaian prestasi. Dia berharap capaian tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan kedepannya.

“Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumatera Selatan, saya mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Lahat  semoga semakin maju, berkembang dan masyarakatnya sejahtera. Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas capaian kinerja Kabupaten Lahat semoga ini terus dapat dipertahankan, ditingkatkan dan mari terus bersemangat berkarya, bekerja membangun daerah,” kata Fatoni.

Kemudian, Fatoni juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi antara Pemprov Sumsel dan Pemkab Lahat yang telah menjaga daerah tetap kondusif juga membantu mempertahankan status Sumsel zero konflik.

“Saya mengucapkan terima kasih juga atas kolaborasi dan sinergi antara Pemprov dan Pemkab lahat dalam menjalankan program-program untuk masyarakat dan daerah. Kita harus terus perlu membangun, menjaga iklim kondusif dan alhamdulillah berkat kekompakan kita Sumsel menjadi daerah zero konflik. Tentu ini tidak lepas dari sinergi antar Pemkab, Pemkot, bersama Pemprov Sumsel,” jelas Fatoni.

Pada momentum Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-155 Tahun, Fatoni mengingatkan tiga makna yang perlu diingat. Di antaranya, yaitu rasa syukur, sarana intropeksi diri dan ajang membuat perencanaan yang hendak dilakukan di masa mendatang.

Lebih jauh, Fatoni juga menyampaikan berbagai program Pemprov Sumsel yang membutuhkan dukungan dari Kabupaten dan Kota. Mulai dari pengendalian Inflasi, penanganan stunting, penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan bencana alam dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Terma kasih atas kerja Kepala Daerah di Sumsel yang selalu melakukan pembangunan dan program prioritas daerah perlu terus digalakkan. Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kita terapkan Pilkada damai. Alhamdulillah pada Pemilihan Caleg dan Presiden kemarin di Sumsel cukup kondusif, tertib dan aman,” ucap Fatoni.

Sebagaimana diketahui, Sumsel memiliki adat budaya dan sejarah yang perlu dilestarikan. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini Fatoni akan membentuk tim membangun Museum Sriwijaya yang diperuntukkan sebagai tempat untuk mengenal sejarah di Sumsel.

“Budaya dan adat istiadat yang kaya di Sumsel ini juga perlu kita lestarikan, baik makanan, wastra, wisata, sejarah dan ini kita akan bangunkan Museum Sriwijaya. Akan kita bentuk tim untuk mewujudkanya perlu juga dukungan semua pihak tentu ini  akan menjadi kebanggan bagi kita semua,” ungkapnya.

Terakhir, Fatoni meminta Pemkab Lahat untuk menyukseskan berbagai Gerakan Serentak yang tengah Pemprov Sumsel gencarkan. Diantaranya, Program Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Se-Sumsel (GPISS), Gerakan Pasar Murah Serentak Se-Sumsel (GPMSS), Gerakan Bedah Rumah Serentak Se-Sumsel (GBRSS), Gerakan Penanganan Stunting Serentak Se-Sumsel (GPSSS) dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak Se-Sumsel (GPSSS).

“Gerakan serentak perlu kita kerahkan agar semua bergerak dan permasalahan cepat teratasi, Mulai dari penanganan inflasi serentak, gerakan sanitasi serentak, gerakan bedah rumah serentak yang akan memperbaiki sebanyak 8.391 rumah di seluruh Sumsel yang kita galakkan untuk menekan angka kemiskinan di Sumsel. Jumlah ini akan bertambah jika semua pihak terlibat didalamnya, untuk itu mari kita sukseskan bersama,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid mengapresiasi seluruh pihak dari semua elemen masyarakat yang telah mendorong kemajuan Kabupaten Lahat.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat yang ikut membantu berkontribusi mendorong kemajuan Lahat, mewujudkan Lahat beradab dan bermartabat,” kata Farid.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Anita Noeringhati, Ketua Pj Ketua TP PKK Lahat Adhitya Trinia Farid, Anggota DPRD Sumsel Pipa Sardi, Bupati Lahat Periode 2008-2018 Saifudin Aswari Rivai dan tamu undangan penting lainnya.