• Berita
  • Sumsel
  • Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni Pimpin Rapat Finalisasi Agenda Kunker Ketum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian ke Sumsel

Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni Pimpin Rapat Finalisasi Agenda Kunker Ketum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian ke Sumsel

2 bulan ago
96

PALEMBANG ,HALUANSUMATERA.COM — Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Selatan (Sumsel) Tyas Fatoni bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel SA Supriono memimpin rapat finalisasi agenda kunjungan kerja (Kunker) Ketua Umum (Ketum) TP PKK pusat Tri Tito Karnavian ke Bumi Sriwijaya pada Tanggal 21 Februari hingga 22 Februari 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (20/2/2024).

Rapat ini dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemprov Sumsel, Pj Ketua TP PKK Kota Palembang Dewi Ratu Dewa, para Kepala OPD di lingkungan Pemkot Palembang, pengurus TP PKK Sumsel dan para pengurus TP PKK Kota Palembang lainnya.

Sekda Supriono mengatakan rapat finalisasi ini membahas persiapan akhir untuk menyambut kedatangan Ketua Umum (Ketum) TP PKK ke Palembang. Nantinya, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dihadiri.

“Kehadiran beliau besok itu untuk launching kegiatan Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel (GBRSS), Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel (GPSSS) dan Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumsel (GPSTSS),” katanya.

Sebelum launching kegiatan tersebut, terlebih dahulu akan ada kegiatan sosialisasi di Griya Agung. Sosialisasi ini berupa pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), sosialisasi pencegahan pernikahan anak di bawah usia 17 tahun sekaligus penyerahan kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran.

“Kegiatan sosialisasi akan diikuti 500 orang peserta dengan rincian 100 orang mahasiswa, 100 orang pelajar, kader PKK 150 orang, dan masyarakat umum 150 orang,” ujarnya.

Setelah acara di Griya Agung, akan dilanjutkan dengan kegiatan launching GBRSS, GPSS dan GPTSS oleh Ketum TP PKK bersama Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Pj Ketua TP PKK Sumsel, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa dan Pj Ketua TP PKK Palembang. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Masjid Diniyah, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

“Bantuan bedah rumah berupa bahan bangunan dan penyerahan kunci rumah yang sudah dibedah kepada Ibu Suryatina. Sedangkan untuk bantuan sanitasi akan diberikan kepada ibu Nurhayati,” ucapnya.

Selain itu, akan diberikan bantuan stunting berupa pemberian beras, telur, kacang hijau, susu, dan biskuit bagi anak stunting, ibu hamil dan calon pengantin. Kemudian, Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian akan meninjau perbaikan sanitasi, posyandu, juga meninjau lokasi bedah rumah dan pembongkaran secara simbolis rumah yang nantinya akan diperbaiki. Sebagai informasi, rencananya terdapat 6.464 unit rumah yang akan dibedah rumah dan 6.874 unit sanitasi merupakan sumbangsih Baznas, Pemerintah Daerah, dan CSR swasta.

Di lokasi yang sama, Tyas Fatoni menyebut rangkaian kegiatan kunjungan kerja dari Ketum TP PKK telah dikoordinasikan bersama PKK Pusat. Oleh karena itu, dirinya meminta kerjasama seluruh pihak untuk mempersiapkan segalanya dengan sebaik mungkin.

“Untuk itu kita patut mempersiapkan segalanya dengan maksimal”, tukasnya singkat.