Sentra Oleh-Oleh Kabupaten Lahat Resmi Di Buka

1 bulan ago
66

LAHAT,HALUANSUMATERA.COM-Berpusat di Tepian Ayek Lematang Plaza Lahat,Senin (20/05), Pj Gubernur Sumsel, Dr. Drs. H. Agus Fathoni M.Si, secara langsung meresmikan Sentra Oleh-Oleh dan Kuliner Khas Lahat.

Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan oleh-oleh dan kuliner khas Lahat kepada masyarakat lokal maupun luar daerah.

Pj Gubernur Sumsel memberikan penghargaan atas sentra oleh-oleh dan kuliner UMKM ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk bisa mendukung pengembangan UMKM sekaligus bisa menyediakan oleh-oleh bagi masyarakat Sumatera Selatan dan juga masyarakat lain yang berkunjung ke Kabupaten Lahat dengan oleh-oleh ini juga sekaligus untuk bisa melestarikan makanan khas Sumatera Selatan makanan khas Lahat kemudian kerajinan juga bisa juga dijual di sini.

“Saya lihat di situ ada pakaian juga dan sekaligus sebagai tempat wisata wisata kuliner juga wisata oleh-oleh dan kita bisa bersama-sama menyaksikan indahnya pemandangan alam yang ada di sekitar ini yang masih hijau ini akan menggerakkan ekonomi,” ucapnya.

Ia Menjelaskan, Tentu ini akan mendukung perkembangan ekonomi di Lahat juga bisa menciptakan lapangan kerja dan juga bisa mengembangkan aneka makanan dan oleh-oleh yang khas Kabupaten Lahat jadi ini suatu kebanggaan Kabupaten Lahat sudah bisa memiliki sentra oleh-oleh dan juga kuliner ini sehingga di sini juga bisa menjadi forum silaturahmi sebagai forum untuk bisa berkumpul untuk bisa berdiskusi dan juga sekaligus berinteraksi antara sesama masyarakat sehingga bisa tercipta kebersamaan kekeluargaan di antara kita.

“Selain itu, dengan diresmikannya sentra ini, diharapkan kekayaan budaya dan kuliner Lahat dapat dikenal oleh khalayak luas,” jelas Pj Gubernur Sumsel itu.

Senada, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si menuturkan, Bahwa pihaknya akan menggelar berbagai event sosial, seni, olahraga, dan budaya di Tepian Ayek Lematang untuk menarik para pengunjung. Sehingga UMKM Kabupaten Lahat terus tumbuh. Serta terus dikenal luas dengan diresmikannya oleh PJ Gubernur Sumsel.

“Pelaku UMKM dari berbagai bidang seperti makanan ringan, kuliner khas Lahat, minuman, kopi, kerajinan tangan, batik, kain, hijab, dan lainnya turut berpartisipasi dengan memamerkan produk-produk unggulan mereka,” tuturnya.

Dengan semangat ini, diharapkan pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Lahat dapat semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat serta para pengunjung yang datang,” tutup Pj Bupati Lahat.