Walaupun Sudah Di Buka Tapi Belum Ada Yang Mendaftar Untuk Calon Sekda

7 tahun ago
300

PALEMBANG,HS – Walaupun Sudah resmi dibuka sejak Senin, 3 April lalu. Hingga saat ini, belum ada nama yang mengajukan calon. Masa pendaftaran sendiri berlangsung singkat, 15 hari.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir ditemui, kamis (6/4). “Pembukaan pendaftaran sejak 3 April lalu, hingga 15 hari kedepan,”kata dia.

Mengenai siapa saja pejabat yang mendaftar, ia mengakui, hingga saat ini belum ada yang mendaftar, bisa jadi masih melengkapi berkas untuk ikut seleksi sekda Sumsel.

Sejumlah persyaratan tersebut, merupakan beberapa syarat administratif penting. Salah satunya, akui Muzakir, peserta wajib melampirkan laporan harta kekayaannya dari KPK.

Ia menambahkan, paling tidak, 10 hari sejak dibuka pendaftaran akan mulai masuk siapa saja yang akan ikut seleksi terbuka tersebut. “Nanti, juga akan diumumkan siapa saja nama pejabar yang ikut seleksi sekda.”

Seiring dibukanya pendaftaran tersebut, nama-nama yang ikut dalam panitia seleksi atau pansel sekda Sumsel sudah terbentuk. “Pansel diketuai oleh Prof Dr Aflatun Mucthar,”jelas dia.

Lalu, lanjut Muzakir, sekretarisnya yakni Prof Dr Zainuddin Nawawi, dengan anggota terdiri dari Drs Yusri Effendi, Mukti Sulaiman SH yang merupakan sekda sebelumnya.

Serta, 1 nama lagi yakni, Dr Suhajar merupakan staf ahli dari Kementerian Dalam Negeri RI. Pasca pendaftaran, peserta seleksi akan mengikuti sejumlagh tahapan lanjutan.

“Setelah calon sekda mendaftarkan dirinya, selanjutnta, mulai dari ikut seleksi kompetensi, tes wawancara di Palembang, karena sekretariatnya ada di BKD (Sumsel,red),”jelasnya.

Nah, jika semua tahapanm dilakukan, maka hasilnya akan keluar. Untuk tahapan selanjutnya, PPK atau pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini gubernur akan mengusulkan nama yang lulus seleksi ke presiden.

“Gubernur mengusulkan ke presiden melalui menteri dalam negeri. Hasil seleksinya hanya 3 nama,”kata dia. Meski yang ikut banyak, bisa lebih dari 4 nama, tapi hanya 3 nama saja yang diajukan sebagai calon sekda selanjutnya.

Prosesnya sendiri, tak akan memerlukan waktu lama, hanya dala, hitungan 2 bulan saja, dan akan langsung diumumkan. “Akhir bulan enam (Juni,red) nanti akan ada hasil seleksi sekda nanti,”tegasnya (MDN)