Khitan Massal Warnai Gaung Perayaan Hari Kartini

7 tahun ago
1227
Kadisdik Sumsel Drs. Widodo, M.Pd. Dan Ketua Darma Wanita Disdik Sumsel sedang menyaksikan khitanan massal

Palembang,HS – Euphoria perayaan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April sudah terasa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Palembang, Selasa (18/04). Perayaan yang digelar dalam Khitanan Massal Mensucikan Hati 2017 itu diprakasai oleh Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam kegiatan itu, sedikitnya 40 anak di Kota Palembang ikuti khitanan massal tepatnya di ruang unit kesehatan sekolah (UKS) SMAN 3 Palembang. Mengusung tema ‘Bersama Kita Sucikan Hati Dengan Berbagi Generasi Yang Lebih Sehat dan Sholeh. Ke 40 anak tersebut akan dikhitan langsung oleh tiga orang dokter dan enam orang perawat dari Dinas Kesehatan Sumsel.

Dikatakan Ketua Darma Wanita Persatuan Disdik Sumsel, Arnelia Widodo, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dari bidang sosial budaya Darma Wanita Disdik Sumsel sebagai bentuk partisipasinya dalam menyambut dan memperingati Hari Kartini sekaligus Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

“Ini adalah tahun ketiga dari kegiatan yang sudah kita laksanakan dan setiap tahunnya selalu ada peningkatan peserta khitanan tersebut, ditahun pertama ada 25 anak, tahun sebelumnya ada 30 anak dan tahun ini ada 40 anak,” katanya disela kegiatan.

Ditempat yang sama, Kepala Disdik Sumsel, Widodo, menuturkan kegiatan khitan massal ini dalam upaya membantu meringankan beban keluarga pra sejahtera. Selain khitan gratis tanpa dipungut biaya, peserta juga diberikan uang saku dan peralatan khitan seperti sarung juga peci.

“Kegiatan bukan sampai sini saja, nanti pada 20 April akan ada pemberian sembako langsung ke rumah warga yang membutuhkan. Pembagian sembako ini memang kita adakan untuk membantu keluarga pra sejahtera,” tutupnya.(HSN)