KLO BPJS Empatlawang: KIS Bisa Digunakan di Seluruh Indonesia

7 tahun ago
299
Kartu Indonesia Sehat (KIS)

EMPATLAWANG, HS – Karena tidak memiliki keluarga di Kabupaten Empatlawang seorang nenek pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) berencana ingin mejalani pengobatan atas penyakit yang dideritanya di Pulau Jawa. Alasannya, jika disana ada anaknya yang akan menungguinya sewaktu dalam masa perawatan.

Hal tersebut diceritakan Kepala Desa (Kades), Air Kelinsar Kecamatan Paiker, Kamidi Edy Saputra. Menurut dia yang menjadi pertanyaan apakah KIS yang dimiliki oleh sang nenek tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pengobatan gratis apa tidak.

“Dia itu disini sebatang kara, kalau dia menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan disini. takutnya nenek itu tidak ada yang menungguinya saat menjalani perawatan. Kalau di Jawa itu ada anaknya. Nah yang jadi pertanyaan, KIS yang dia punyai itu bisa dimanfaatkan atau tidak kalau dia berobat di sana?” tanya Kamidi.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kantor Layanan Operasional (KLO) Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Empatlawang, Andre Rikopaltera mengatakan jika KIS yang dimiliki oleh warga di Kabupaten Empatlawang berlaku untuk menjalani pengobatan di seluruh Indonesia.

Karena itu jika seseorang ingin menjalani pengobatan di daerah lain hal tersebut tetap mendapatkan jaminan dari pihaknya, “Asal sesuai prosedur yang ada, pasien dapat berobat di manapun”, ujar Andre, Selasa (4/3).

Terkait dengan permasalahan yang ditanyakan Kades Air Kelisar dijelaskannya jika sang Nenek dapat menjalani pengobatan di Jawa namun tetap sesuai dengan prosedur yang tepat dan melaporkan diri terlebih dahulu ke Kantor BPJS di wilayah dimana dia menjalani pengobatan tersebut.

“Setelah mendapat surat rekomendasi dari Kantor BPJS di daerah dia menjalani pengobatan, lalu berobatnya tetap sesuai dengan prosedur yakni dari fasilitas kesehatan terendah dan terdekat terlebih dahulu, kecuali pasien dalam keadaan gawat darurat bisa langsung ke rumah sakit,” jelasnya.

Namun lanjutnya sebelum meminta rekomendasi dari Kantor BPJS di daerah anaknya itu, terlebih dahulu harus dipastikan apakah KIS yang digunakan tersebut masih berlaku atau tidak.

“Kalau KIS nya sudah kadaluarsa sudah pasti akan ditolak,” tukasnya. (ELW)