Pemkab Empatlawang Dorong Anak-Anak Gemar Membaca

7 tahun ago
264
Tampak anak-anak TK mengikuti lomba mewarnai di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Empatlawang.

EMPATLAWANG, HS – Dalam Undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, salah satu pasalnya mengisyaratkan pembudayaan kegemaran membaca dilakukan dengan tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

“Karena itu saya menghimbau kepada segenap komponen instansi terkait, mari kita tumbuhkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa persatuan dan kesatuan,” ajak Assisten I Sekretariat Daerah (Setda) Empatlawang, Lukman Panggarbessy saat mewakili Bupati Empatlawang membuka kegiatan ajang pencarian bakat pelajar berprestasi, lomba bercerita dan mewarnai se-Kabupaten Empatlawang yang diikuti oleh 268 orang peserta yang berstatus pelajar TK dan SD di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Empatlawang, Kamis (6/4).

Dikatakannya, pembudayaan kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan pada anak usia dini mungkin dan berlanjut secara terus menerus. “Untuk itu kita perlu menyiapkan wadah penyediaan bahan bacaan sebagai salah satu sumber belajar bagi masyarakat dan anak-anak sekolah dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat maupun anak sekolah dalam menunjang pelaksanaan pendidikan nasional,” kata Lukman.

Lebih lanjut dipaparkannya, sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Republik Indonesia (Mendagri Otoda RI) Nomor 3 tahun 2001 tentang Perpustakaan Desa/Kelurahan, pada kesempatan tersebut Lukman meminta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dan para Camat se-Kabupaten Empat Lawang agar dapat memfasilitasi pembentukan Perpustakaan Desa/ Kelurahan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menggalakan program budaya gemar membaca untuk menuju masyarakat yang berkualitas.

“Hal tersebut akan dapat dicapai apabila program perpustakaan khususnya perputakaan desa atau kelurahan dan perputakaan umum daerah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Lukman kembali meminta kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Empatlawang untuk senantiasa meningkatkan pembinaan secara berkesinambungan pada Perputakaan Desa/ Kelurahan yang sudah terbentuk agar apa yang hendak dicapai dapat terwujud.

“Juga kepada para peserta lomba, semoga dapat meraih prestasi yang memuaskan”, pungkasnya. (ELW)