Zulinto : USBN Harus Dilaksanakan Dengan Baik Dan Berintegritas

7 tahun ago
373

PALEMBANG,HS – Para pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kota Palembang tengah menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2017.

Kadisdik kota Palembang H Ahmad Zulinto, S.Pd.MM mengatakan, sebelum digelarnya Ujian Nasional (UN) pada 2 Mei nanti, para pelajar SMP seluruh kota Palembang menggelar USBN atau Ujian Sekolah tahun ajaran 2016/2017.

Pagelaran USBN berlangsung sampai 3 hari dari tanggal 17 sampai 19 April mendatang.

“Khusus USBN ini digelar di sekolah masing-masing, kalau proses pengawasan dalam UN nanti proses pengawasan dilakukan dengan sistem silang guru dari sekolah lain di rayon SMP,” katanya.

Perlu diketahui, mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN dan USBN tingkat SMP pada tahun 2017 ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

“USBN sendiri di buat oleh Ketua Musyarawah Ketua Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP yang dilakukan menggunakan ujian paper atau ujian kertas, lain halnya UN nanti mereka akan menggelar dengan UNKP dan UNBK,” jelasnya.

“Alhamdulillah pagelaran USBN di kota Palembang, selama pelaksanaan Latihan Ujian Sekolah dalam sehari diujikan mata pelajaran Agama, berjalan baik dan tidak ada keluhan. Jadwal sendiri berlangsung mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB. Selama pelaksanaan latihan ujian sekolah setiap kelas diawasi satu guru pengawas atau dua pengawas dan siswa dilarang membawa tas ke dalam,” ungkapnya.

Dia berharap, pelaksanaan USBN ini berjalan dengan baik dan berintegritas, oleh sebab itu dia menghimbau agar para pengawas ujian dapat mengawasi peserta Ujian dengan baik,

“Saya yakin para siswa yang mengikuti ujian ini sudah belajar dan mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelum USBN di gelar sekarang ini,”tukasnya

Sementara itu, Kepala SMPN 40 Palembang Wahyuni, S.Pd MSi mengatakan sebelum digelarnya USBN ini, pihaknya sudah menggelar latihan berbagai mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Matematika, PKN, Bahasa Inggris, IPS, Penjas. Sebanyak 427 siswa kelas 9 (IX) dengan sembilan rombongan 26 belajar atau kelas.

“Alhamdulilah saat USBN berlangsung yang dihari pertama dengan mata pelajaran Agama semuanya lancar, baik soal hingga lembaran jawaban,” katanya.

Memang selama 3 hari ini, dikhususkan pelajaran USBN seperti Agama, PKN dan IPS. Dengan lembaran soal 40 pilihan ganda dan esai 5. Kita menggunakan Lembar Jawaban Kerja (LJK).

“Kita harapkan pagelaran USBN bisa lancar, perlu diingat nilai USBN bisa mempengaruhi nilai untuk memasuki sekolah unggulan, makanya kita minta para siswa/i agar lebih teliti lagi dalam menjawab dan jangan tergesa-gesa,” pungkasnya (HSN)
.

.