LAHAT, HALUANSUMATERA.COM – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Bupati Lahat Cik Ujang SH melaunching Bank Sampah Semidang Indah Desa Manggul, dengan tema “Sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi”, di Desa Manggul, Senin (22/2/2021).

Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, para Kepala OPD, Kapolres Lahat, Kapolsek Kota Lahat, Camat Kota Lahat, Kades Desa Manggul dan Ulak Lebar, serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Manggul Hermansyah menyampaikan, bahwa dengan keberadaan sampah yang ada di desa ini, sehingga memotivasi untuk mendirikan bank sampah yang bekerja sama dengan Direktur induk bank sampah Kabupaten Lahat dan diharapkan dengan adanya bank sampah ini dapat menertibkan pembuangan sampah dari masyarakat.

“Untuk masyarakat Desa Manggul, mari kita peduli untuk membersihkan desa dan membantu program Kabupaten Lahat menjadi Lahat bercahaya, Lahat bersih dan terhindar dari sampah yang berserakan di mana-mana,” ujarnya.

Kemudian, Direktur Induk Bank Sampah Lahat Bripka Dodi Permana SH MM mengungkapkan, dalam peringatan Hari Peduli Sampah ini, diselenggarakan dengan cara yang sederhana bersama komunitas peduli lingkungan yang ada di Kabupaten Lahat. Berdirinya bank sampah ini tidak lepas dukungan dari banyak pihak sehingga terpacu untuk mencari tenaga ahli yang di bangun secara swadaya bersama masyarakat.

“Dengan adanya bank sampah ini, diharapkan akan membantu program pemerintah untuk mengatasi masalah sampah yang ada di Kabupaten Lahat,” katanya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH dalam arahanya mengatakan, dalam program pemerintah untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lahat yang telah mengakomodir dengan tujuan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan berkembangnya usaha dan jumlah penduduk tentunya akan menambah timbunan sampah dan potensi kerusakan lingkungan,hal ini dapat di atasi dengan pengelolaan sampah yang baik dan tepat,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan bank sampah ini memiliki tujuan selain untuk mengurangi timbunan sampah, akan tetapi dapat menciptakan lingkungan akan menjadi bersih dan asri, serta menimbulkan kemandirian keluarga secara ekonomi.

“Selamat bekerja untuk Direktur induk bank sampah Lahat dan ketua unit-unit bank sampah di Kabupaten Lahat, untuk terus berkreasi dan berinovasi sehingga bank-bank sampah maju dan berkembang, sehingga permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Lahat dapat di atasi,” tuturnya. (Rochmi)